Tuesday, May 26, 2015

Agrowisata Petik Buah Apel

Kawasan agrowisata ini terletak di desa Andonosari, Tutur-Pasuruan. Merupakan kebun apel terbesar di Indonesia. Daerah ini sangat cocok untuk sayur mayur dan buah-buahan. Bermacam-macam jenis apel terdapat di daerah ini, antara lain apel manalagi, apel rhomebeauty, apel anna dan apel wanle. Selain apel juga terdapat paprika dan bunga krisan. Kawasan ini cocok dijadikan daerah agropolitan. Wisata agro perkebunan Apel ini terletak di desa Andonosari, Kecamatan Tutur, sekitar 40 Km dari pusat kota Pasuruan. Jarak temput ke kawasan Agrowisata Apel imi sekitar 75 km dari kota Surabaya dan 50 km dari Malang.

Saat memasuki area perekebunan ini, hanya dengan sekali bayar untuk tiket masuk, pengunjung yang datang ke perkebunan ini bisa menikmati luasnya perkebunan apel dan bisa memetik dan memakan langsung buah apel di setiap pohon yang ada.Perkebunan apel desa Tutur memiliki luas sekitar 1100 hektar dan terdiri dari berbagai jenis apel seperti Manalagi, Rhomebeauty dan Wanle. Obyek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi sebagai wahana rekreasi keluarga dan bisa dijangkau dengan mudah karena letaknya yang strategis. Di desa Andonosari ini juga terdapat homestay dan berbagai macam produk makanan kemasan seperti kripik nangka, kripik apel, the apel dan susu segar yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Di tempat tersebut terdapat berbagai macam alat-alat yang digunakan untuk memproses tanaman apel menjadi berbagai macam olahan produksi. Anda juga bisa melihat langsung berbagai hasil barang produksi hasil olahan, selain cuka apel yaitu teh apel, wine apel, jenang apel dan juga kripik apel. Menarik sekali berwisata ke Agrowisata Petik Apel di desa Andronosari

Jika selama ini anda menganggap bahwa pusat apel di Indonesia adalah di Batu – Malang, sekarang anda harus mengubah pandangan itu. Tahukah anda bahwa ternyata apel yang banyak dijual di daerah Batu dan Malang ternyata banyak berasal dari daerah Nongkojajar Kec. Tutur Kab. Pasuruan. Di Kecamatan ini ada beberapa desa yang mempunyai produksi apel paling besar yaitu di Desa Andonosari, Kayukebek, Blarang, Gendro, dan Wonosari. Dari desa – desa tersebutlah kemudian banyak dijual ke seluruh Indonesia. Karena kurangnya promosi saja maka yang kita kenal ketika mengetahui apel maka ingatan kita pasti dari Batu – Malang.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...