Tuesday, May 26, 2015

Pantai Pasir Panjang



Pantai Pasir panjang terletak di desa Semedusari Kecamatan Lekok, yang terkenal dengan wisata tradisi petik laut.

Tradisi yang satu ini telah menjadi agenda tahunan warga Desa Pasinan, Kecamatan Lekok, yaitu tradisi Petik Laut. Tradisi ini dilakukan saat lebaran H+7 atau biasa disebut oleh lebaran ketupat. Berada di kawasan Pusat Latihan Tempur TNI AL Grati tak membuat acara ini sepi pengunjung. Mulai pagi hari sampai menjelang maghrib, para pengunjung datang silih berganti, adapula yang datang mulai pagi hingga sore.

Petik Laut disini diawali dengan melarungkan ancak yang berisi emas murni, ayam, nasi ponar, dan kepala sapi. Kemudian disusul dengan lomba-lomba. Ada lomba Ski Lot, Lomba Balap Perahu, dan Tarik Tambang. Untuk lomba Ski Lot tidak jauh berbeda dengan lomba Ski Lot yang diadakan di Tambak. Untuk Lomba Balap Perahu sendiri, hanya ada 3 perahu dengan awak tiap perahu hanya 2 orang saja. Panjang lintasan perahu ini 500 m, untuk pergi pulang 1 km. Dan untuk lomba Tarik Tambang, dilakukan di pantai saat air tidak pasang.
     
Tujuan dari tradisi ini adalah untuk mendapatkan berkah dan pengharapan agar hasil yang didapat para nelayan dari laut terus meningkat. Pengunjung yang masuk pun membayar tiket masuk sebesar 2000 rupiah saja. Dengan harga murah meriah, dan mendapat hiburan rakyat pesisir, acara ini terselenggara sangat meriah dengan adanya panggung hiburan, yang diisi dengan nyanyian dangdut dan biduanita lokal. Untuk dana, dari swadaya desa sendiri dan sumbangan dari Bapak Bupati Pasuruan. Tradisi ini pun akhirnya menjadi agenda tahunan masyarakat Pasuruan pesisir.

              

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...