Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan

Berdasarkan peraturan Bupati Pasuruan Nomor : 12 tahun 2008 tentang Organisasi perangkat Daerah
 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terdiri  dari susunan organisasi dan tugas pokok fungsinya sebagai berikut :


1. Organisasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

( 1 ) Susunan orgnaisasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terdiri dari :

  • Kepala Dinas 
  • Sekretaris 
  • Bidang Kebudayaan 
  • Bidang Usaha Jasa dan Sarana Wisata 
  • Bidang Pemasaran 
  • Bidang Obyek Wisata 
  • UPTD 
  • Kelompok Jabatan Fungsional.

(2) Sekretariat Bidang dan UPTD sebagaimana dimaksud pada ayat 1 masing-masing dipimpin oleh seorang Sekretaris, Kepala Bidang dan Kepala UPTD yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

(3)  Kelompok Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf h, masing-masing dipimpin oleh seorang Tenaga Fungsional senior yang ditunjuk oleh Kepala Dinas, yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas atau pejabat lain yang ditunjuk oleh Kepala Dinas sesuai dengan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 


2. Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata 

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya Dinas Kebudayaan dan pariwisata merupakan unsur pelaksana  otonomi Daerah di bidang Kebudayaan dan Pariwisata. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah .


(1) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mempunyai tugas :

  • melaksanakan urusan pemerintahan bidang kebudayaan dan pariwisata berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantu 
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya.

(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaiman di atas dinas kebudayaan dan pariwisata mempunyai tugas :

  • Pengumpulan pengelolaan dan pengendalian data yang dibentuk data base serta analisis data untuk penyusunan program kegiatan 
  • Perencanaan strategis pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata 
  • Perumusan kebijakan teknis bidang Kebudayaan dan Pariwisata 
  • Penyelenggaraan  pemerintahan dan pelayanan umum bidang Kebudayaan dan Pariwisata 
  • Pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang Kebudayaan dan Pariwisata 
  • Pelaksanaan, pengawasan, pengendalian serta evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan bidang Kebudayaan dan Pariwisata 
  • Pelaksanaan standar pelayanan minimal yang wajib dilaksnakan di bidang Kebudayaan dan Pariwisata 
  • Penyelenggaraan kesekretariatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata 
  • Pembinaan UPTD 
  • Pengkoordinasian, integrasi dan sinkronisasi kegiatan di lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata 
  • Pemberian perizinan dan pelaksanaan pelayanan bidang seni budaya dan pariwisata 
  • Pembinaan kepada masyarakat tentang kebudayaan dan pariwisata 
  • Pelaksanaan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan lembaga lainnya 
  • Peningkatan pengembangan apresiasi seni budaya 
  • Pembinaan pengembangan obyek wisata, pentas seni budaya, rekreasi dan aneka hiburan.  

(3) Kepala Dinas mempunyai tugas :

  • Memimpin Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam perumusan, perencanaan, kebijakan, pelaksanaan teknis pembangunan dan pemeliharaan fasilitas kebudayaan dan pariwisata serta menyelenggarakan perijinan, pembinaan, koordinasi, pengawasan dan pengendalian teknis operasional di bidang kebudayaan dan pariwisata 
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya.

(4) Dalam menjalankan fungsinya Sekretaris mempunyai tugas :

  • Melaksanakan koordinasi perencanaan, evaluasi dan pelaporan program Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, pengelola urusan kepagawaian, urusan umum yang meliputi kegiatan surat menyurat, penggandaan, perlengkapan rumah tangga, hubungan masyarakat, urusan keuangan 
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.

Untuk melaksanakan tugasnya Sekretaris mempunyai fungsi :

  • perencanaan kegiatan kesekretariatan 
  • pengelola urusan administrasi kepegawaian, kesejahteraan dan pendidikan pelatihan pegawai 
  • pengelolaan urusan rumah tangga, keprotokolan dan hubungan masyarakat 
  • penyelenggara pengelola administrasi keuangan dan kekayaan daerah 
  • penyelenggaraan kegiatan surat-menyurat, pengetikan, penggadaan, kearsipan 
  • pengelolaan administrasi perlengkapan dan mengurus pemeliharaan, kebersihan dan penyusunan rencana pembangunan, evaluasi dan pelaporan 
  • pengkoordinasian Sekretariat terdiri dari  :

            a). Sub Bagian Umum danm Kepegawaian

            b). Sub Bagian Keuangan

            c). Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan


Dan masing-masing Sub Bagian sebagaimana dimaksud dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada sekretaris.


Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :

  • menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian 
  • menyelenggarakan, melaksanakan dan mengelola administrasi  kepegawaian, kesejahteraan pegawai dan pendidikan pelatihan pegawai 
  • melaksanakan pembinaan organisasi dan ketetalaksanaan, surat menyurat, kearsipan, rumah tangga, perjalanan dinas, keprotokolan, penyusunan rencana kebutuhan barang, peralatan, pendistribusian 
  • melaksanakan tata usaha barang, perawatan/penyimpan peralatan kantor dan pendataan inventaris kantor 
  • menyelenggarakan administrasi perkantoran 
  • melaksanakan kebersihan dan keamanan kantor 
  • menghimpun, mengelola data, menyusun program kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian 
  • melaksanakan kebersihan dan keamanan kantor 
  • menghimpun, mengelola data, menyusun program kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian 
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretarissesuai dengan bidang tugasnya.

Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas :

  • menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Keuangan 
  • melaksanakan administrasi keuangan yang meliputi pembukuan, pertanggungjawaban dan verufikasi serta penyusunan anggaran 
  • menyelenggarakan penyusunan laporan dan pertanggungjawaban penyelenggaraan anggaran satuan kerja 
  • menyiapkan bahan penyusunan rencana strategis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata 
  • menghimpun, mengelola data, menyusun program kerja Sub Bagian Keuangan 
  • melaksanakan pengurusan biaya perpindahan pegawai dan ganti rugi gaji pegawai serta pembayaran hak-hak keuangan lainnya 
  • melaksanakan evaluasi keuangan terhadap hasil pelaksananan program dan rencana strategis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata 
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.

Sub Bagian Perencananan, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas :

  • menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan 
  • menyiapkan penyiapan bahan dan melaksanakan koordinasi dalam penyusunan rencana strategis pembangunan kebudayaan dan pariwisata tibgkat daerah 
  • menyiapkan rumusan kebijakan program kerja dan rencana kerja kegiatan Dinas Kebudayaan dan pariwisata 
  • menyiapkan dan menyusun bahan pengembangan kerja sama lintas sektoral 
  • menyelenggarakan sistem informasi manajemen dan pelaporan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Info Detail : Dokumen Aslinya 

7 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...